Random Posts

PETRONAS Eksploitasi Minyak Ditengah Naiknya Harga BBM

Kekayaan alam yang berasal dari dalam bumi jika tidak dikelola dengan baik akan berdampak yang buruk terhadap lingkungan, seperti penambangan minyak mentah ilegal (Ilegal driling) yang berdampak terhadap rusak-nya sumber air bersih di permukaan.

Tidak hanya berdampak terhadap rusak-nya sumber air bersih, namun juga berdampak terhadap ekosistem lingkungan di sekitar kawasan penambangan minyak ilegal. Sungai, pepohonan hingga makhluk hidup yang berada di sekitar kawasan penambangan punah akibat zat kimia berbahaya dari limbah minyak mentah.

Kabupaten Lamongan merupakan satu dari  kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Jawa Timur yang memiliki Potensi Luar biasa.Namun, sangat disayangkan kekayaan alam berupa minyak bumi yang selayaknya di kelola oleh pemerintah, di daerah itu sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab ikut mengelola minyak bumi secara ilegal yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sementara jelas tertuang dalam pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, menyatakan minyak dan gas bumi sebagai sumber daya alam strategis yang terkandung di dalam bumi Wilayah Hukum Pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai negara.

Dalam UU No.22/2001 tentang minyak dan gas bumi pada BAB III, pasal 4 ayat (1) dinyatakan minyak dan gas bumi sebagai sumber daya alam strategis tak terbarukan yang terkandung di dalam Wilayah Hukum Pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai oleh negara.

Eksploitasi Minyak yang dilakukan oleh Petronas di kabupaten Lamongan yang akan dilakukan ditengah kondisi naiknya harga BBM merupakan hal yang perlu diantisipasi dan dilihat unsur analisis Amdal nya karena ditakutkan merusak mata pencaharian masyarakat dan merusak sumber air.

Maka dari itu kami dari Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk turun aksi yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis, 14 April 2022

Pukul : 14.00 WIB - Selesai

Tempat : Bundaran Aloha Sidoarjo

Dengan tuntutan :

1. Menolak kedatangan Vice President Petronas di Jawa Timur

2. Meminta Analisis Lingkungan Pengeboran Minyak di Kabupaten Lamongan

3. Menolak segala perusahaan yang merusak alam dan mengeksploitasi sumber kehidupan orang banyak.

4. Menjaga NKRI dari para Cukong dan Para Oligarki.

Demikian Undangan ini kami buat, kepada seuruh Elemen hadir dengan memakai baju kebesaran elemen masing-masing.

Salam perjuangan!

Tolak Oligarki!

Salam Lingkungan

Korlap 

Erje (085156112115)

Post a Comment

0 Comments