Random Posts

Irine Roba: Program PISEW PUPR adalah Amanat Untuk Kepentingan Rakyat

Dalam Rapat Koordinasi Awal Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Kementerian PUPR di Ternate (27/3/2023), Irine Yusiana Roba Putri, anggota DPR RI dari Dapil Maluku Utara, menyatakan program ini harus berjalan untuk kepentingan masyarakat.  

“Sebagai anggota Komisi V DPR RI, yang bermitra dengan Kementerian PUPR, saya selalu mengupayakan berbagai cara untuk memaksimalkan dukungan pemerintah pusat bagi daerah kita. Ini sudah menjadi komitmen saya sekaligus tugas dari partai yang diberikan kepada saya. Salah satu wujudnya adalah program PISEW ini,” kata anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

PISEW adalah salah satu program kerja andalan Kementerian PUPR dengan tujuan meningkatkan kualitas infrastruktur di suatu daerah yang butuh dukungan pemerintah pusat. Maluku Utara dengan segala potensinya merupakan salah satu provinsi yang diusahakan oleh Irine untuk mendapatkan dukungan pembangunan infrastruktur ini. 

“PISEW merupakan salah satu program yang saya usulkan kepada Bapak Menteri PUPR, dengan dukungan pemerintah daerah dan Kepala Balai. Hasilnya adalah Keputusan Menteri PUPR No. 91/2023 tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat, yang memuat 16 Kecamatan dari 7 kabupaten di Maluku Utara,” kata Irine.

Tujuh kabupaten itu adalah Halmahera Tengah, Kepulauan Sula, Halmahera Selatan, Halmahera Utara, Halmahera Timur, Halmahera Barat, dan Tidore Kepulauan

Pembangunan yang akan dilakukan di 16 kecamatan pada tahun 2023 itu adalah Pembangunan Padat Karya yang dapat menghubungkan 2 desa dalam 1 kecamatan dengan harapan dapat menunjang kondisi ekonomi dan kondisi sosial masyarakat.

Program PISEW adalah pembangunan yang memperhatikan kelestarian alam dan memperhatikan fungsi dan peranan kawasan, yang tujuannya meningkatkan kualitas sosial ekonomi melalui pendekatan partisipasi masyarakat. 

Kepala Balai BPPW Maluku Utara, Firman Akasara, mengucapkan banyak terima kasih atas dorongan kuota aspirasi Anggota DPR RI Komisi V yang merupakan putri terbaik Maluku Utara yang mengembalikan Program PISEW yang sebelumnya tidak ada di Tahun 2022. 

"Saya sangat berterima kasih atas program PISEW 2023 ini mengingat Maluku Utara baru dapat menjalankannya kembali di tahun ini berkat usulan Ibu Irine,” ujar Firman.

Irine berpesan kepada aparat pemerintahan di Kecamatan dan Desa, untuk memanfaatkan program ini sebaik mungkin. 

“Anggaran yang akan kita terima ini adalah amanat dari negara, sekaligus amanat dari rakyat.. Saya selalu percaya, jika kita bekerja dengan baik dan serius, maka rahmat kebaikan pasti akan selalu mendatangi kita,” tutup Irine saat sambutan pada Rakor Awal PISEW di Hotel Batik Ternate.

Acara rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Valentina, Koordinator Pengelolaan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Maluku Utara, PPK Pengembangan Kawasan Permukiman, Ketua Pokja PKP (Pengembangan Kawasan Permukiman) Provinsi dan Kabupaten, dan 16 camat serta 32 kepala desa sebagai penerima manfaat PISEW Maluku Utara tahun anggaran 2023.

Post a Comment

0 Comments