Random Posts

Resensi; Habibie Dari Pare-Pare Lewat Aachen Dan Tulisan-Tulisan Lain

  • Jenis Bahan:Monograf
  • Judul: Habibie : dari Pare-Pare lewat Aachen dan tulisan-tulisan lain
  • Penyunting: A. Makmur Makka 
  • Pengarang: Makmur Makka, A., 1945
  • Penerbit: Jakarta : Gapura Media, 1982
  • Deskripsi Fisik: 456 halaman
  • Subjek: Habibie, B.J.,--1936- -- (Bachrudin Jusuf),
  • Bahasa: Indonesia 
  • Bentuk Karya: Bukan Fiksi
  • Target Pembaca: Umum

Prof. Dr. Ing. Bachruddin Jusuf Habibie  atau biasa di kenal sebagai BJ. Habibie lahir di Pare-Pare (Sulawesi Selatan) pada tanggal 25 Juni 1936 anak ke-4 dari delapan putra dan putri dari keluarga Alwi Abdul Djalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspawordoyo. Ia lulusan dari salah satu SMA di Bandung pada tahun 1954 kemudian beliau melanjutkan jenjang perkuliahan hanya selama satu tahun (1954-1955) di Institut Teknologi Bandung (ITB), karena beliau dikirim ibunya untuk belajar di Rhenisch Wesfalische Twhnische Hochscule, Aachen, Jerman. Pada tahun 1960 beliau mendapatkan gelar “Diplom Ingenieur” dengan penilaian cumlaude yaitu dengan angka rata-rata 9,5 bagian Mesin jurusan Kontruksi Pesawat Terbang. Kemudian pada tahun 1965 beliau mendapatkan gelar “Doktor Ingeniure dengan penilaian summa cumlaude yaitu dengan angka 10 dari Technische Hochschul di Fakultas Fuer Maschinenwesen, Aachen, Jerman Barat.

Dalam rangka memenuhi panggilan tanah airnya pada tahun 1974 BJ. Habibie akhirnya Kembali ke Indonesia. Dia memulai karirnya sebagai penasihat pemerintah bidang teknologi tinggi pesawat terbang dan teknologi tinggi yang bertanggung jawab langsung kepada presiden RI.

Buku Mr. Crack dari Pare-Pare ini menceritakan perjalanan hidup mantan Presiden Republik Indonesia yang ketiga, Bapak BJ Habibie yang melintasi batas territorial dan waktu. Bermula dari Pare-pare kemudian ke Aachen lanjut ke Jakarta. Dari seorang ilmuan, kemudian menjadi seorang negarawan, dan kini minandito. Penulis menyajikan tulisannya berdasarkan fakta dan bukan rekayasa. Kecintaan Bj Habibie kepada Tanah Air begitu besar tertanam kuat sejak masih mahasiswa dan tetap tertanam hingga sekarang. Melalui buku ini kita dapat mengetahui perjuangan BJ Habibie membangun Indonesia melalui Teknologi. Selain itu, perjalanan kisah cinta BJ Habibie Bersama Ainun yang tak kalah menarik dari Sebagian buku ini. Kisah cintanya diceritakan kembali mulai dari awal pertemuan hingga maut memisahkan. Secara garis besar buku ini menuliskan tentang kisah hidup BJ Habibie antara Pare-Pare dan Aachen. Beliau adalah seseorang yang genius dan satu-satunya hanya Habibie tidak ada lagi. BJ Habibie sudah menjadi salah satu modal nasional, tetapi anehnya prestasi yang dilakukannya lebih cepat mendapat penghargaan dari orang-orang luar negeri daripada di tanah air sendiri.

Buku ini direkomendasikan kepada para pembaca yang dapat terinspirasi dari perjalanan hidup seorang BJ Habibie yang memiliki kisah hidup yang sangat mengagumkan. Seseorang yang jenius, setia kepada pasangan, setia kepada negara dan banyak hal lain yang dapat dipetik dari perjalanan hidupnya. Kelebihan buku ini yaitu, buku ini dapat menjadi inspirasi bagi para pembacanya dari kisah hidup seorang BJ Habibie. Kekurangan dari buku ini yaitu, gambar yang terdapat pada isi dalam buku tidak berwarna, karena jika beberapa foto berwarna akan lebih menarik untuk pembaca dan terlihat perbedaan waktu pengambilan gambar atau foto pada zamannya.

Penulis: Jessica Jenny Salsa Bella Mahasiswa Manajemen (J) Universitas Muhammadiyah Malang dengan Nomor Induk Mahasiswa 202210160311525.


Post a Comment

0 Comments