Random Posts

Tim Dosen Pengabdian Universitas Negeri Malang Gelar Pelatihan Penulisan Buku

Tim Dosen Pengabdian Universitas Negeri Malang yang dipimpin Dr. Raden Bambang Sumarsono dan para anggotanya bekerja sama dengan SD Negeri Model Kota Malang, menyelenggarakan pelatihan penulisan buku pada Sabtu (30/09/23).

Kegiatan tersebut bertajuk PELATIHAN PENULISAN BUKU ANTOLOGI DENGAN PENDEKATAN “ATAP” BERSUMBER BEST PRACTICES PEMBELAJARAN, yang dihadiri oleh 20 orang guru.

Pada kegiatan pembukaan pelatihan, Kepala Sekolah melalui Waka Kesiswaan berpesan bahwa “dengan kemampuan menuliskan praktik baik pembelajaran, tentunya akan semakin banyak guru yang berbagi, semakin banyak guru mencoba praktik baik, semakin banyak guru yang berhasil, dan tentunya akan berimbas pada siswa untuk belajar lebih baik dan juga berimbas pada reputasi sekolah”.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Widyaswara dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur yaitu Ibu Istiqomah, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru SDN Model dalam menyusun karya ilmiah dalam bentuk buku antologi best practices pembelajaran, dan mewujudkan jalinan kemitraan Departemen Administrasi Pendidikan FIP UM dengan SDN Model Kota Malang.

Pelatihan menulis buku dengan pendekatan “ATAP” merupakan inovasi dalam mendorong peningkatan produktivitas penulisan buku oleh para guru, sumber referensi yang dihasilkan oleh guru akan menjadi pendorong untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mengingat tokoh yang ditulis berbasis kepada kondisi dan juga kasus-kasus yang terjadi di sekolah.

Dr. Raden Bambang Sumarsono, M.Pd selaku ketua panitia pengabdian mengatakan buku yang dihasilkan akan jauh lebih relevan dengan kebutuhan siswa.

Prof. Dr. Asep Sunandar, S.Pd. M.AP selaku anggota dosen pengabdian menambahkan kegiatan ini tidak hanya sebatas menulis buku tapi para guru akan dilanjutkan pada tahap mempublikasikan buku jadi karya buku pelajaran yang bisa digunakan oleh sekolah lainnya.

Post a Comment

0 Comments